• MA NEGERI 2 TULUNGAGUNG
  • CERDIK BERSEMI BERBUDAYA LINGKUNGAN SEHAT
  • admin@man2tulungagung.sch.id
  • (0355)321817
  • <
  • Pencarian

17 September Sebagai Peringatan Hari Palang Merah Nasional

Pada setiap tahunnya, 17 September diperingati sebagai Hari Palang Merah Nasional. Kalian pasti sudah tahu kan, apa itu PMI? Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi nasional yang fokus dalam bidang sosial kemanusiaan. Organisasi binaan dari Palang Merah Indonesia berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat. 

Organisasi ini bertujuan untuk membangun serta mengembangkan karakter kepalangmerahan agar siap menjadi Relawan PMI masa depan. Selain itu, juga membantu meringankan penderitaan sesama manusia akibat bencana, tanpa membedakan latar belakang korban yang ditolong. 

Ngomongin tentang tujuan, PMI pasti punya tugas untuk mencapai tujuannya, dong! Tugas-tugas PMI diantaranya, yaitu:

  • Memberikan bantuan kepada korban Konflik Bersenjata, kerusuhan, dan gangguan keamanan lainnya;
  • Menyediakan kebutuhan darah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Mengadakan pembinaan relawan;
  • Melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan Kepalangmerahan.

 

Tugas-tugas ini, dicapai dengan berlandaskan prinsip kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan

 

Berdirinya Palang Merah di Indonesia sebenarnya sudah dimulai sejak masa sebelum Perang Dunia Ke-II. Saat itu, tepatnya pada tanggal 21 Oktober 1873 Pemerintah Kolonial Belanda mendirikan Palang Merah di Indonesia dengan nama Nederlands Rode Kruis Afdeling Indie (Nerkai), yang kemudian dibubarkan pada saat pendudukan Jepang.

Tahun 1932, dr. RCL. Senduk dan Bahder Djohan menjadi pelopor untuk mendirikan organisasi palang merah, namun proposal pendirian ditolak dalam Kongres Nerkai.

Pada tanggal 3 September 1945, Presiden Soekarno memerintahkan Menteri Kesehatan dr. Buntaran Martoadmodjo untuk membentuk suatu Badan Palang Merah Nasional. Dilanjutkan pada tanggal 5 September 1945, dibentuk Panitia Lima oleh dr. Buntaran yang terdiri dari dr. R. Mochtar, dr. Bahder Johan, dr. Joehana, Dr. Marjuki dan Sitanala, untuk mempersiapkan Palang Merah di Indonesia.

17 September 1945, terbentuk Pengurus Besar Palang Merah Indonesia (PMI) dengan ketua pertama, Drs. Mohammad Hatta. Nah sejak saat itulah tanggal ini ditetapkan menjadi peringatan Hari Palang Merah Nasional.

Redaktur: Maha Rani Emilia Timur (10 Bahasa) dan Jahroo Khoirunnisaa (12 MIPA 2)

Editor: Fauza Millata Hanifa (12 MIPA 4)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Tanah Air di Dada, Santri Siaga Jiwa Raga

    Presiden Joko Widodo secara resmi menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.  Mengapa Hari Santri dilaksanakan tanggal 22 Oktober? Karena hal ini sesuai den

23/10/2021 10:57 WIB - Redaksi (Humas)
Kiprah Pejuang Budaya di Tengah Galaknya Corona

  Gigih Mencetak Dalang Hingga Pengendang   Siang itu, pukul 14.00 WIB. Alunan indah tabuhan gamelan terdengar menghanyutkan. Getar suaranya seakan memecah kebisingan. Penyej

30/08/2021 11:56 WIB - Redaksi (Humas)
Artikel : TINGKEBAN-MITONI: Antara Tradisi dan Religi

27/05/2021 15:23 WIB - Administrator